4 October 2015

5 Bahaya Bahaya Menggunakan Headset Bagi Telingan Dan Otak.


 

 

5 Bahaya Bahaya Menggunakan Headset Bagi Telingan Dan Otak yang meliputi sebagai berikut :

1.     Kerusakan Telinga Permanen.

Kerusakan pada telinga dapat terjadi dikarenakan penggunaan headset secara terus-menerus. Hal ini dikarenakan suara keras dari music yang berasal dari earphone yang dimiliki. Selain itu, frekuensi pemakai terlalu lama juga dapat menimbulkan kerusakan telinga permanen seperti pecahnya gedang telinga yang dapat menurunkan pendengaran kita bahkan menyebablan tuli.

2.    Kehilangan Pendengaran Diusia Muda

Banyak anak muda yang menikmati music mereka dengan menyetel headset atau earphone mereka hingga volume maksimal. Jika hal ini dilakukan sememnjak masi muda, mka potensi kehilangkan pendengaran dini kan semakin cepat terjadi.

3.    Ambang Pendengaran Penggunaan.

Headset atau earphone yang berlebihan juga dapat mempengaruhi ambang pendengara kita. Jika disaat biasa kita dapat mendengar suatu hal dari jarak cukup jauh, namun dengan berubahnya  ambang pendengaran, maka kita hanya bias mendengar suara dengan jelas ketika jaraknya sudah cukup dekat.

4.    Kurusakan Otak

Earphone atau headset yang digunakan juga ternyata memancarkan gelombang elektromagnetik tersendiri. Hal ini diyakinkan dapat memicu kerusakan otak dikarenakan oleh radiasi dari headset atau earphone itu sendiri. Hal ini dapat dibuktikan dengan percobaan pada tikus dan tumbuhan. Otak tikus terpengaruh oleh gelombang radiasi ini yang mengakibatkan kerusakan pada otak tikus. Sedangkan pada tumn=mbuhan, perlahan layu dikarena paparan music keras yang menerpa selama beberapa hari. Lain dengan yang diberikan perlakuan dengan memaikan music lembut. Tanaman kan semakin cepat tumbuh dikarenakan adanya stimulant positif dari music yang lembut.

5.    Infeksi Telinga

Pneggunaan earphone in ear monitor memiliki resiko tinggi membuat telinga terinfeksi. Hal ini dikarenakan oleh mekanisme penggunaan earphone yang masuk kedalam rongga telinga. Jika earphone yang digunkan tidak bersih, maka potensi terjadi radang telinga pada rongga telinga semakin besar. Memang penggunaan IMN ini sangat nyaman dan juga membuat suara yang dihasilkan oleh earphone terdengar sangat jelas. Bahkan beberapa model membuat IEM yang benar-benar kedap suara. Ada baiknya tidak meminjamkan IEM anda ke orang lain. Ditakutukan bakteri yang ada di telinga ikut berpindah ke earphone anda. Jika sudah terkena infeksi, maka telinga terasa gatal, dan dapat mengurangi pendengaran anda.

 

Kelima bahaya diatas semoga dapat mengingatkan kita untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan headset atau earphone.

Terimakasi sudah berkunjung, semoga bermanfaat.      

No comments:

Post a Comment