Dalam dunia kerja, ada
beberapa keterampilan yang tidak dicantumkan dalam persyaratan secara tertulis
namun mempengaruhi diterima/tidak anda pada perusahaan tersebut. Apa saja
keterampilan tersebut, silakan simat artikel berikut
1. Berempati
Empati
adalah keterampilan paling penting dimanapun juga. Berempati dengan orang lain
akan membantu kiita lebih memahami orang lain. Demikian pula di tempat kerja,
empati penting untuk memahami kebutuhan pelanggan misalnya, memotivasi orang
lain, dan menghadapi konflik dengan orang lain. Tingkatkan empati dengan
benar-benar mendengarkan dan melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain.
2. Bekerjasama
Bekerjasama
dalam tim menjadi salah satu evaluasi di tempat kerja. Cukup merasa sebagai
bagian tim kerja dapat menjadi bahan bakar kemajuan bersama. Jadilah anggota
tim yang berkomunikasi baik, berbagi tujuan bersama, bahkan sempatkan bergurau
sekali-sekali. Jika dapat berkolaborasi dengan orang lain, membangun
kepercayaan dan menerima kritik dengan baik, ini nilai emas di tempat kerja.
3. Bernegosiasi
Keterampilan
bernegosiasi penting dalam bicara masalah gaji. Tapi tak hanya itu,
keterampilan negosiasi membantu menyelesaikan konflik di tempat kerja, mencari
win-win solution dalam tim kerja, atau mungkin dalam bernegosiasi dengan klien,
vendor, rekan kerja, atau dalam mengerjakan proyek kerja.
4. Kritis dan Mampu Pecahkan Masalah
Kita
harus bisa membuat keputusan di tempat kerja, mengevaluasi ,bertukar pikiran
& ide-ide segar. Banyak pekerjaan memerlukan pemecahan problem. Pelajari
cara berpikir kritis, observasi, & membuat keputusan baik. Kekuatan
berpikir kritis dan kreatif, berkontribusi bagi tempat kerja dan kemajuan diri
kita sendiri, sebagai karyawan yang dipandang mampu menyelesaikan problem kerja
dengan baik.
5. Kemampuan Teknologi Informasi (IT)
Meski
tak bekerja langsung dengan teknologi informasi, tetap ada baiknya paham
beberapa keterampilan dan pengetahuan dasar teknologi. Misalnya menggunakan
aplikasi komunikasi atau dasar-dasar bagaimana komputer bekerja, komponen yang
berhubungan dengan pekerjaan. Keterampilan teknis lebih akan memperluas apa
yang dapat dilakukan di tempat kerja dan berkontribusi pada laman situs
perusahaan.
6. Membangun Jaringan
Meski
perusahaan tak mewajibkan, membangun jaringan amat penting untuk memajukan
karir. Menghadiri pertemuan atau seminar membantu membuka koneksi baru. Mungkin
bertemu dengan klien baru, rekan dari perusahaan lain atau orang yang bisa
diajak gabung untuk bekerja sama. Perluas terus lingkaran profesional.
7. Manajemen Waktu
Ini
adalah salah satu pilar dari produktivitas, jadi tak mengherankan faktor ini
penting di tempat kerja. Mulai dari cara membagi waktu mengerjakan tugas,
mengelola jadwal yang tidak teratur, apalagi bagi yang bekerja paruh waktu, sampai
dengan memanfaatkan jam-jam produktiv. Multi tasking juga membuat orang bekerja
lebih efisien dan tak buang waktu jika dilakukan dengan benar.
8. Percaya Diri dan Tegas
Jangan
ada alasan tak percaya diri, karena ini adalah sesuatu yang dapat dilatih dan
dikembangkan. Tanpa percaya diri yang cukup, tak mudah untuk bisa memajukan
karir. Bangkitkan kesadaran diri untuk meningkatkan setiap aspek kehidupan,
termasuk produktivitas. Tapi patut diingat, ada perbedaan antara kepercayaan
diri dan kesombongan, serta perbedaan antara ketegasan dan agresivitas.
9. Kecakapan Berbicara
Seperti
menulis, kecakapan berbicara pun amat penting. Ini diperlukan jika mengikuti
rapat, menyajikan presentasi, atau bahkan hanya sekedar mengobrol di pesta
kantor. Berkomunikasi dengan baik di tempat kerja adalah salah satu peran
kunci.
10. Kemampuan Menulis
Lebih
dari separuh pengusaha mengatakan kemampuan berkomunikasi, seperti menulis
merupakan syarat bagi karyawan mereka. Tanpa bisa berkomunikasi dengan jelas
atau mengekspresikan diri dengan benar, sulit untuk maju di tempat kerja.
Menulis juga sangat penting jika bekerja jarak jauh, karena email dan pesan
berbasis teks lain akan jadi bentuk utama cara komunikasi dengan atasan dan
rekan kerja.
Smoga artikel
bermanfaat bagi pembaca, untuk kritik dan sarannya silakan komen dibawah. Terimakasih
sudah berkunjung.
Sumber : www.dw.com
No comments:
Post a Comment