15 December 2015

Bahaya Paparan Asap Rokok Dalam Waktu 30 Menit


 

Merokok tak hanya berbahaya bagi mereka yang menghisapnya, tetapi juga mereka yang terpapar asapnya. Tak heran jika perokok pasif juga memiliki resiko terkena penyakit seperti perokok aktif. Kepala pusat promosi kesehatan kementrian kesehatan Eni Gustina mengatakan, asap rokok mengandung zat berbahaya dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan jika terhirup dalam hitungan menit saja. “ Dengan terpapar asap rokok selama 30 menit, itu akan berpengaruh pada pernafasan kita” ujar Eni dalam acara peluncuran iklan pengendalian tembakau di Jakarta.

Salah satu kandungan berbahaya dari rokok adalah nikotin yang akan menempel pada paru-paru. Nikotin bisa merusak sel-sel di paru-paru dan berdampak buruk bagi organ lainnya. “ paru-paru kan untuk menghisap oksigen. Bisa dibanyangkan kalau alat untuk menghisap oksigen sebagian tertutup nikotin tadi. Oksigen dipergunakn untuk di otak, jantung.” Jelas Eni.

Zat beracun dalam asap rokok yang masuk ke peredaran darah juga bisa merusak pembuluh darah. Efek negative terpapar asap rokok mungkin tak terasa langsung oleh tubuh. Jika terhirup dalam jangka panjang, tentunya bisa menyebabkan penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, dan berbagai jenis kangker.

Bahaya terpapar asap rokok bukan tanpa bukti. Salah satu korban perokok pasif yaitu Ike Wijayanti (37) yang menderita kangker laring. Ike terpaksa kehilangan suara dan lehernya bolong. Padalah, Ike tidak pernah merokok, tetapi ia setiap hari terpapar asap rokok di tempat kerjanya.

Sekian ya pembaca sekalian, smoga ini menjadi bahan renungan besama akan bahayanya merokok bagi diri sendiri dan orang lain. Terimakasi sudah berkunjung.

No comments:

Post a Comment